Kamis, 07 Februari 2013

TUGAS REMEDIAL RPL KELAS X

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr Wb
Puji syukur Kami panjatkan kepada ke hadirat Allah Subhanahu wata’ala. Karena berkat rahmatnya kami bisa menyusun karya tulis ini sampai selesai. Karya tulis ini dibuat dari hasil kunjungan industri ke Jogjakarta yang terlaksana pada tanggal 13 Januari 2013.
Kunjungan industri ini dijalankan atas Kebijakan Pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan untuk menuju masyarakat madani yaitu masyarakat demokratis yang adil dan makmur yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 maka pada tingkat pendidikan kejuruan khususnya SMKN 1 Depok perlu dilakukan usaha – usahan yang menyeluruh, terencana, terarah dan terpadu sesuai dengan visi misi Program Kerja yang berfungsi sebagai pedoman.
Dengan adanya Program Kerja kunjungan Industri atau Instansi diharapkan terdapat keseragman langkah kesatuan bahasam kesamaan persepsi dan keutamaan pekerjaan dari semua pihak sebagai sekolah yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan industri maupun instansi kerja.
            Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehinnga karya tulis ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Sebelumnya kami memohon maaf sebesar – besarnya jika kami belum  bisa membuat karya tulis ini dengan sempurna. Tentunya dengan nasihat atau masukan yang Bapak/Ibu berikan, kami dapat mengevaluasi karya tulis ini.
Semoga karya tulis ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk mengembangkan wawasan khususnya     tentang kunjungan industri ke Jogjakarta serta hal – hal yang berhubungan dengan itu.

Daftar Isi

Kesan………………………………………………………………………………...9
Pesan………………………………………………………………………………...10

Latar Belakang

Disamping itu, kunjungan industri ini juga sebagai sarana untuk menambah wawasan dan informasi siswa tentang industri. Dari segala aspek industri, sehingga siswa dapat memahami program atau cara kerja industri tersebut. Indikator – indikator industri diharapkan sebagai acuan atau motivasi siswa untuk terjun ke dunia kerja.

Tujuan Kunjungan

·       Menambah wawasan siswa
·       Memberikan informasi tentang industri
·       Memberikan indikator – indikator yang berkaitan dengan industri/ dunia kerja
·       Memahami segala aspek yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman siswa tentang dunia industri
·       Siswa/ siswi dapat mengetahui segala yang berkaitan tentang pembuatan/ pemasaran suatu produk
·       Siswa/ siswi dapat memahami tentang sekolah Vokasi

BAB II
Hari pertama

Pemberangkatan pada hari Jum’at, tanggal 13 Januari 2013 pukul 06:30 WIB. Sebelum pemberangkatan siswa – siswi SMKN 1 Depok jurusan Akutansi dan RPL berkumpul di RPH untuk melakukan absensi, pengarahan dan do’a. Untuk kendaraan kami menggunakan BUS PO. Limas AC 59, Bpk. Nanang Suwandi selaku penanggung jawab bis 6 serta Bapak Muchammad Erkham sebagai guru pendamping di bis 6 sekaligus wali kelas 10 RPL 2.

Pukul 06:30 WIB, kami berangkat dari RPH. Pada saat – saat pertama dalam perjalanan kami, semua terlihat ceria dan sangat menikmati suasana. Mereka masing – masing sibuk dengan kegiatannya sendiri, ada yang bercanda, tidur, bermain handphone dan ada juga yang hanya sekedar menikmati pemandangan diluar kaca yang sedang gerimis. Waktu menunjukkan pukul 08:00 WIB, kami ‘mampir’ sebentar di Pom Bensin/ rest area jalan tol Cimanggis KM 57.

Pukul 11:30 WIB, kami berhenti di RM Sari Rasa (SR) Tasikmalata untuk makan siang. Ini adalah pemberhentian pertama kami di restoran. Kebetulan, restoran tersebut sedang mengadakan acara perayaan ulang tahun restoran tersebut. Nah, bagi pengunjung yang berulang tahun pada bulan Januari, mendapatkan minuman gratis. Sesudah makan siang, kami melanjutkan perjalanan.

Memasuki waktu solat Ashar, pukul 16:00 WIB, kami berhenti di Masjid Al – Fairus, daerah Pekalongan untuk melaksanakan kewajiban solat. Perjalanan pun dilanjutkan.

Pukul 18:00 WIB, kami berhenti di RM. Candi Sari untuk melaksanakan makan dan solat maghrib. Malam pun tiba. Kami sedang dalam perjalanan menuju Hotel Amarta.

Tak terasa, sudah pukul 00:00 WIB, kami tiba di Hotel Amarta. Kami bergegas untuk menurunkan barang bawaan serta tas – tas yang disimpan dalam bagasi. Sebelum istirahat, kami semua menunggu terlebih dahulu untuk pembagian kamar agar pada saat masuk kami tidak berdesak – desakan. Pembagian kamar terlebih dahulu dilakukan untuk siswa perempuan, dilanjutkan dengan siswa laki – laki. Kelompok kami mendapatkan kamar nomor 141. Tiba di kamar, kami bergantian untuk bersih diri, lalu beristirahat.

Hari kedua

Pukul 05:00 WIB, kami bangun lalu bergegas untuk bersih diri. Pukul 06:30 WIB, kami makan pagi di teras Hotel Amarta. Setelah selesai sarapan, kami berangkat ke Universitas Gajah Mada (UGM) pada pukul 07:30 WIB.

Kami tiba di UGM pada pukul 08:30 WIB. Dari area parkir kami masuk ke bagian dalam UGM, terlihat banyak mahasiswa yang sedang melakukan aktivitas mereka di universitas. Lalu kami memasuki sebuah ruangan, sebelum memasuki ruangan tersebut kami mengantri untuk dibagikan makanan ringan.
Di ruangan tersebut, kami duduk pada tempat duduk yang telah disediakan. Kami mendapat pengarahan dan penjelasan tentang sekolah Vokasi UGM. Kami mendapat informasi tentang:

1)    Penerimaan Mahasiswa baru SVUGM 2013
2)    Sejarah sekolah Vokasi
3)    Fakultas – fakultas UGM
4)    Latar belakang, karakteristik kebutuhan tenaga terampil sekolah Vokasi UGM
5)    Visi dan Misi sekolah Vokasi UGM
6)    Profil Lulusan
7)    Kompetensi Lulusan
8)    Peminatan
9)    Laboraturium
10) Kerjasama
11) Alumni
Kami menyelesaikan kunjungan dari UGM pada pukul 11:00 WIB, lalu melanjutkan perjalanan ke RM Numani untuk melakukan ISHOMA.

Pukul 12:00 WIB, kami menuju Keraton dan Malioboro. Setelah tiba keraton, kami tidak perizinkan masuk, arena ada acara adat “Sekaten”. Kami pun memaklumi itu, lalu kami kembali ke bis sambil perjalanan kaki menikmati suasana Malioboro yang sangat ramai dan indah.

Pukul 14:00 WIB. Pantai Parang Tritis, tujuan kami selanjutnya. Setelah tiba disana, kami sibuk dengan diri masing – masing ada yang bermain pasir, berfoto – foto ataupun sekedar melihat keindahaan pemandangan pantai.
Hamparan luas pasir membentang dari ujung ke ujung pantai Parang Tritis, rasanya ingin berenang. Tapi kami tidak diperizinkan untuk berenang karena air laut sedang pasang dan itu diperkirakan cukup mebahayakan.
Pukul 19:00 WIB, kami makan malam di RM Numani 1 sekaligus melaksanakan sholat. Kami melanjutkan perjalanan ke Malioboro, untuk belanja souvenir, baju, tas, dll. Kami diberi waktu sampai pukul 21:00 WIB. Lalu kami kembali ke hotel untuk beristirahat kembali.

Hari Ketiga

Pukul 05:00 WIB, kami bersih diri dan membereskan pakaian, segala barang bawaan kami. Karena hari ini adalah hari terakhir kami di Hotel Amarta. Setelah sarapan, kami semua menuju JMN (Jogja Media Net).
Pukul 08:30 WIB, kami tiba di Jogja Media net. Di sana kami mendapat penjelasan dan informasi tentang Produksi/ Kegiatan yang dilakukan oleh Jogja Media net. Dari alat – alat yang digunakan, cara mereka menyiarkan saluran televisi, sambungan internet, pengatur dan pemantau siaran, penyimpanan data – data, dan masih banyak lagi.
Pada siang hari, pukul 11:00 WIB, kami ishoma di RM Numani. Selanjutnya kami pergi ke Bakpia Java, toko yang menyediakan oleh – oleh makanan khas Jogjakarta. Banyak diantara kami yang berbelanja disitu, ada yang membeli bakpia, krupuk, kue dan sebagainya.
Perjalanan pun dilanjutkan, kami kali ini menuju Candi Borobudur. Candi yang terkenal di seluruh dunia, dan sempat masuk ke dalam 7 keajaiban dunia.
Pukul 16:00 WIB, kami telah tiba di Candi Borobudur. Disana nampak sepi, karena sebentar lagi candi ditutup pukul 17:00 WIB, kami pun tidak mempunyai waktu banyak disana. Kami berjalanan kaki menyusuri area candi, terlihat banyak sekali pedagang berjualan dan menawari barang dagangannya kepada pengunjung yang datang. Diantara kami banyak yang membeli baju, sandal, celana khas batik Jogjakarta.

Tiba di gerbang candi, terlihat anak tangga yang menjulang keatas. Kami pun menaikkinya, rasanya cukup melelahkan menginjak satu demi satu anak tangga Candi Borobudur. Dipuncak candi, terlihat membentang pemandangan yang sangat indah. Gunung – gunung, hamparan awan, dan pohon – pohon hijau memberikan kesan yang sangat indah.

Tak terasa hampir mendekati pukul 5 sore, Candi pun segera ditutup. Kami pun lantas kembali ke bis.

Tak terasa banyak hari yang indah telah terlewati di Jogjakarta, kami pun harus kembali ke Depok. Pukul 19:00 WIB, kami ishoma di RM Candi Sari. Perjalanan pulang kami melewati jalur selatan. Malam yang hening dan siswa – siswi yang tertidur lelap di dalam bis menemani perjalanan pulang kami. Pagi tiba, pukul 09:00 WIB, kami sampai di RPH. Banyak orang tua yang sedang menunggu kedatangan anaknya untuk menjemput. Kami pun turun dari bis dan membereskan barang bawaan, mengambil tas dari bagasi, lalu pulang ke rumah masing – masing.

Kesan

Menurut kami perjalanan ke Jogja cukup menyanangkan, walaupun sedikit melelahkan. Khususnya pada perjalanan ke Keraton Jogjakarta, sudah cukup lelah berjalanan kaki tetapi setelah tiba disana, ternyata tidak diperizinkan masuk karena ada sekaten. Lalu kami harus kembali ke bus.

Pesan

Dari transportasi cukup memadai dan baik. Termasuk makanan pada setiap restoran cukup enak. Tapi sangat disayangkan pada saat ke keraton. Karena pihak kami tidak diinformasikan terlebih dahulu kalau keraton sedang ada sekaten. Jadi, kami tidak perlu untuk jalan kaki menuju keraton.

Jumat, 25 Januari 2013

Tugas 3

Program selamat datang di rpl

Script
Hasil program
Analisis IPO:
Input: Tulisan selamat datang di x rpl
proses: Menampilkan tulisan selamat datang di x rpl menggunakn system.out.println
Output: Tulisan selamat datang di x rpl muncul

Tugas 2

Aplikasi Eclipse

1) Buka aplikasi eclipse yang telah diunduh

2) Ekstrak aplikasi

3) Buka aplikasi untuk melakukan installasi, pilih workscape. Centang untuk menjadikannya sebagai penyimpanan default.

4) Aplikasi terinstall

Tugas 1

Rangkuman: Pengenalan bahasa Java

Sejarah Java

Java dibuat oleh: James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan.

Bahasa java pada awalnya disebut 'oak' namun diganti menjadi java pada tahun 1995. Karena 'oak' telah dijadikan hak cipta pada pemrograman bahasa pemrograman lain.

Java modern: Pada jaman sekarang ini, aplikasi yang berbasis java antara lain: Aplikasi Embedded, keuangan, desktop, simulasi pesawat, pemrosesan citra, game.

J2EE: Aplikasi perusahaan yang terdistribusi.

Java Virtual Machine (JVM): Aplikasi sederhana yang ditulis dalam bahasa C untuk mengeksekusi program yang ditulis dalam bahasa Java.

Kompilasi: Perubahan dari bahasa tinggkat tinggi ke bahasa lebih rendah.

Kompilasi program (eksekusi): JVM membaca kode byte, merubahnya menjadi bahasa mesin yg dimengerti oleh OS.

Just in Time Compiler (JIT): Kompiler untuk mengkompilasi kode byte dan bahasa mesin pada saat di eksekusi bersamaan.

Kelebihan Java: Lebih aman pada kode dan Java Buzzwords.

Java Buzzwords: Beorientasi pada objek. Tidak adanya fitur2 yang rumit. Menghasilkan software yang baik dan ofisien, tentunya berorientasi objek.

Keuntungan dari Java:
Mulai dengan cepat
Tulis lebih sedikit program (4x lebih kecil dari pada program yang ditulis dalam bahasa C++)
Tulis program lebih baik (Automatic garbage collection: menghindari kebocoran memori)
Membuat program dengan lebih cepat
Menghindari ketergantungan pada platform tertentu (menjalankan program pada banyak platfrom, tanpa library yg ditulis spesifik/berbeda)
Tulis sekali, jalankan dimana saja (dijalankan secara konsisten pada platform apa saja)
Distribusikan software anda dengan mudah (dengan java web start, pengecekan versi otomatis saat program dimulai, memberitahukan pengguna anda untuk menggunakan versi baru program anda)