Sabtu, 19 Oktober 2019

1.3 Sejarah Kecerdasan Buatan

Sejarah kecerdasan buatan

Di awal abad 20, seorang penemu Spanyol yang bernama Torres Y Quevedo, membuat sebuah mesin yang dapat mengskakmat raja laannya dengan sebuah raja dan ratu.

Perkembangan secara sistematis kemudian dimulai ditemukannya komputer digital.

-    - Pada tahun 1950-an Alan Turing seorang matematikawan dari Inggris. Pertama kali mengusulkan   adanya tes untuk melihat bias tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas(dikenal dengan Turing Test)   seolah-olah mesin mampu merespon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan.

-   -  Istilah kecerdasan buatan dimunculkan pertama kali pada tahun 1956 ketika John Mc Cathy dari   Massachusets Institute of Technology (MIT) menciptakan bahasa pemrograman LISP

-      -    Loghic Theorist (1956), diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat                         membuktikan  teorema-teorema matematika.

-      -     Mesin Neural Network pertama oleh Marvin Minsky (1958)

-     -     Sad Sam, deprogram oleh Robert K. Lindsay (1960), program ini dapat mengetahui kalimat-kalimat    sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang    didengar dalam sebuah percakapan.

-      -     Muncul logika samar (1965) yang merupakan pelaksanaan konsep samar di atas system komputer.      Logika samar mengukur ketidaktepatan dengan cara yang tepat, seperti yang diperlukan mesin.

-     -     ELIZA (1967), diprogram oleh Joseph Weizenbaum, yang mampu melakukan terapi terhadap              pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.

-   -  Program Microworld dengan penciptaan proyek SHRDLU (1968) merupakan Expert System yang    pertama.

-     -   Pada tahun 1972 bahasa Prolog dimunculkan.

-     -     John Holland (1975) mengatakan bahwa setiap problem berbentuk adaptasi (alami maupun buatan)     secara umum dapat diformulasikan dalam terminologi genetika (Algoritma Genetika) .

-       -    Sistem catur AI mengalahkan manusia (Pecatur master) pada tahun 1991.

-        -    Robotik, peranti mekanika yang diprogram untuk melakukan berbagai tugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar