Sabtu, 12 Oktober 2019

SISTEM CERDAS DAN KECERDASAN BUATAN

1.1 Apa yang anda ketahui dengan sistem cerdas ? Dan berikan contohnya


Sistem cerdas adalah sistem yang dapat mengadopsi sebagaian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan eksternal suatu sistem. Sebagian kecil dari tingkat kecerdasan itu antara lain: kemampuan untuk dilatih, mengingat kembali kondisi yang pernah dialami, mengolah data-data untuk memberikan aksi yang tepat sesuai yang telah diajarkan, dan kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli melalui perintah yang dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu. Sub-bab berikut membahas secara singkat tiga buah sistem cerdas yang dimaksud.

Contoh :


- ATM



ATM (Automatic teller machine atau automated teller machine, di Indonesia juga kadang merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia.


Komponen ATM
Setiap transaksi yang terjadi informasinya akan diterima oleh komputer kemudian dikirimkan ke pusat data melalui sarana telekomunikasi bisa line telpon, Vsat maupun radio, ATM ini dapat dimonitor statusnya dari pusat data sehingga dapat diketahui apakah ATM ini sedang mati atau uangnya sudah habis.

Mesin ATM terdiri dari 2 bagian :


a. Bagian Atas (Upper Compartement) :
    – Monitor
    – Customer keypad
    – Card reader
    – Journal printer
    – Receipt Printer


b. Bagian Bawah (Lower Compartement) :

– Combination lock
– Dispenser module
– Cash cassette
– Reject cassette
– CPU


CARA KERJA ATM

ATM adalah merupakan sebuah terminal data yang mempunyai dua perangkat input dan empat perangkat output. Seperti halnya sebuah terminal data, ATM harus memiliki koneksi ,terhubung, dan berkomunikasi melalui sebuah host processor (pusat proses). Pusat proses yang disertai oleh Internet service provider (ISP) yg berfungsi sebagai jalur gateway untuk menuju keberbagai macam jaringan ATM dan menjadikan berfungsi bagi si pemegang kartu ATM (orang yang menginginkan uang).



- Sensor Panas Tubuh





Ketika seseorang berada di depan sensor panas tubuh, maka sensor panas tubuh akan menghitung panjang gelombang yang dihasilkan oleh tubuh manusia tersebut. Ketika orang tersebut berada dalam keadaan diam, maka panjang gelombang yang dihasilkan berupa panjang gelombang yang konstan dan menyebabkan energi panas yang dihasilkan digambarkan hampir sama dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Ketika orang tersebut melakukan gerakan, maka panjang gelombang yang dihasilkan berupa panjang gelombang yang bervariasi sehingga menghasilkan panas yang berbeda dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Panas yang dihasilkan ini akan dideteksi oleh sensor dan dilanjutkan dengan reaksi untuk membuka pintu otomatis.

1.2 Apa yang anda ketahui tentang kecerdasan buatan ? berikan contohnya


              Kecerdasan Buatan adalah ilmu rekayasa yang membuat suatu mesin mempunyai intelegensi tertentu khususnya program komputer yang “cerdas” (John Mc Cathy, 1956)
Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal – yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas. (H.A Simon, 1987)

           Kecerdasan merupakan bagian kemampuan komputasi untuk mencapai tujuan dalam dunia. Ada bermacam-macam jenis dan derajat kecerdasan untuk manusia, hewan dan mesin.
Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. ( Rich and Knight, 1991)

           Kecerdasan buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam mempresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk symbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic (Metode Heuristik adalah teknik yang dirancang untuk memecahkan masalah yang mengabaikan apakah solusi dapat dibuktikan benar, tapi yang biasanya menghasilkan solusi yang baik atau memecahkan masalah yang lebih sederhana yang mengandung atau memotong dengan pemecahan masalah yang lebih kompleks.) atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.( Encyclopedia Britannica)

          Kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar atau mengerti dari pengalaman. Memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu, menanggapi dengan cepat dan baik atas situasi yang baru, menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah dan menyelesaikannya secara efektif (Winston dan Pendergast, 1994)

Al dapat dipandang dalam berbagai perspektif.

Contoh Kecerdasan buatan :
a.    Asisten Virtual Pribadi (Siri, Google Now, Cortana, etc)
b.    Video Game
c.    Smart Car
d.    Prediksi Pembelian
e.    AI Perawatan Kesehatan
f.    Bidang Keuangan
g.    Perangkat Rumah Cerdas
h.    Pengawas Keamanan



1.3 Sejarah Kecerdasan Buatan


Sejarah kecerdasan buatan

Di awal abad 20, seorang penemu Spanyol yang bernama Torres Y Quevedo, membuat sebuah mesin yang dapat mengskakmat raja laannya dengan sebuah raja dan ratu.

Perkembangan secara sistematis kemudian dimulai ditemukannya komputer digital.

-    - Pada tahun 1950-an Alan Turing seorang matematikawan dari Inggris. Pertama kali mengusulkan   adanya tes untuk melihat bias tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas(dikenal dengan Turing Test)   seolah-olah mesin mampu merespon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan.

-   -  Istilah kecerdasan buatan dimunculkan pertama kali pada tahun 1956 ketika John Mc Cathy dari   Massachusets Institute of Technology (MIT) menciptakan bahasa pemrograman LISP

-      -    Loghic Theorist (1956), diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat                         membuktikan  teorema-teorema matematika.

-      -     Mesin Neural Network pertama oleh Marvin Minsky (1958)

-     -     Sad Sam, deprogram oleh Robert K. Lindsay (1960), program ini dapat mengetahui kalimat-kalimat    sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang    didengar dalam sebuah percakapan.

-      -     Muncul logika samar (1965) yang merupakan pelaksanaan konsep samar di atas system komputer.      Logika samar mengukur ketidaktepatan dengan cara yang tepat, seperti yang diperlukan mesin.

-     -     ELIZA (1967), diprogram oleh Joseph Weizenbaum, yang mampu melakukan terapi terhadap              pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.

-   -  Program Microworld dengan penciptaan proyek SHRDLU (1968) merupakan Expert System yang    pertama.

-     -   Pada tahun 1972 bahasa Prolog dimunculkan.

-     -     John Holland (1975) mengatakan bahwa setiap problem berbentuk adaptasi (alami maupun buatan)     secara umum dapat diformulasikan dalam terminologi genetika (Algoritma Genetika) .

-       -    Sistem catur AI mengalahkan manusia (Pecatur master) pada tahun 1991.

-        -    Robotik, peranti mekanika yang diprogram untuk melakukan berbagai tugas.



1.4 Jelaskan tentang kecerdasan buatan dari aspek perspektif kecerdasan dan aspek perspektif penelitian!


1. Dari perspektif kecerdasan

Ai adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.

2. Dari perspektif penelitian

Suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan manusia.



SUMBER :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar