Selasa, 14 April 2020

CONTOH HUBUNGAN ANTARA MANUSIA DAN KEINDAHAN


 
Pulau Bali masih menjadi tujuan wisata utama bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Seperti diketahui jika Pulau Bali menjadi salah satu Pulau dengan pantai terindah di dunia sehingga menarik minat wisatawan mancanegara untuk datang dan menikmati keindahan yang dimiliki Pulau Bali.
Selain memiliki pantai yang indah, Pulau Bali juga memiliki suasana pedesaan dengan area persawahan yang masih terbentang luas dengan latar belakang gunung yang dinilai memiliki kekuatan magis. Suasana itu menjadi nilai tambah bagi Pulau Bali dalam memajukan sektor pariwisatanya.
Kekuatan magis yang terdapat di daerah pedesaan tersebut harus bisa dimanfaatkan oleh para pelaku pariwisata untuk membuka jalur perjalanan turis yang lebih menarik sehingga dapat memberikan sesuatu yang unik bagi masyarakat dalam dan luar negeri.
Sementara itu wisatawan yang berasal dari luar negeri yang berlibur secara perorangan ke Bali tentu menginginkan untuk bermalam sambil menikmati suasana hotel berbintang. Setelah itu akan berpindah ke pondok wisata yang termasuk di dalamnya menginap di daerah perkampungan seperti yang berada di Payangan kawasan wisata yang baru berkembang di Bali. Melihat potensi yang besar dari kekayaan alam dan budaya tersebut, diharapkan semua komponen yang bergerak dalam sektor pariwisata bisa menjadi lebih kreatif utnuk menciptakan jalur pariwisata yang lebih menarik agar lebih banyak turis asing yang datang dan akan tinggal lebih lama untuk menikmati keindahan panorama alam di Pulau Bali.
Selain itu aktivitas sehari-hari yang dijalankan oleh masyarakat Bali seperti ritual odalan di Pura yang berskala besar dan hampir setiap saat ada di masyarakat umat Hindu di Bali, harus bisa diinformasikan kepada turis yang ada di Bali dan diyakini para turis akan tertarik terhadap suasana tersebut karena merupakan sebuah budaya yang unik dan hanya berada di Pulau Bali.
Dengan tingkat kunjungan wisatawan yang semakin meningkat dan banyaknya potensi pariwisata yang dapat dieksplor di Bali akan berdampak positif bagi perekonomian Bali karena dapat meningkatkan jumlah pemasukan daerah dan juga akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Untuk itu sektor pariwisata di Bali harus dapat dikembangkan agar dapat memberikan sesuatu yang baru dan menarik bagi para wisatawan.


OPINI

Contoh kasus tentang pulau Bali di atas disitu menunjukkan saling terhubung nya manusia dan keindahan contohnya Pulau Bali yang sukses menarik wisatwan mancanegara ataupun dalam negeri karena keindahan alam dan budaya pulau Bali. Kita sebagai manusia dan bagian dari bangsa Indonesia, sepatutnya kita harus menjaaga alam agar tetap indah dan nyaman. jagalah budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, dan jangan membiarkannya begitu saya atau jangan sampai budaya kita diklaim oleh orang asing.










Kampung Wisata Jodipan di Kota Malang, Jawa Timur atau yang dikenal sebagai Kampung warna-warni yang dulu merupakan 'permukiman kumuh' sekarang menjadi lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Tiap akhir pekan diperkirakan jumlah pengunjung yang datang mencapai ratusan orang, seperti diaporkan wartawan di Malang Jawa Timur, Eko Widianto.
         Inisiatif untuk mencat kampung ini muncul dari sejumlah mahasiswa mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammaidyah Malang yang tergabung dalam kelompok guyspro.
       Koordinator guyspro, Nabila Firdausiyah mengaku awalnya ingin mengubah perilaku warga di bantaran sungai yang membuang sampah ke sungai, Jodipan dipilih lantaran terlihat memiliki lanskap yang bagus dilihat dari jembatan Jalan Gatot Subroto.

 

OPINI


Dari berita diatas, jodipan desa yang dikenal sebagai desa yang amat sangat kumuh sekarang berubah menjadi tempat wisata itu berkat ide dan keprihatinan para mahasiswa/i dari Universitas Muhammadiyah Malang yang melihat perilaku warga di bantaran sungai yang membuang sampah ke sungai, sungai yang kotor membuat pemukiman tersebut menjadi pemukiman yang buruk. Jodipan dipilih lantaran terlihat memiliki lanskap yang bagus dilihat dari jembatan Jalan Gatot Subroto. Hubungan manusia dan keindahan sangatlah erat, karena rasa suka akan keindahan sudah ada dalam diri manusia. Meskipun dalam pribadi seseorang tidak dapat melakukan dan menerapkan rasa keindahan tetapi seseorang tetap menyukai akan keindahan.
Banyak cara yang dilakukan oleh manusia dalam mencari keindahan. Orang yang suka terhadap seni dia akan menemukan keindahan tersebut dalam kesenian yang digelutinya dan banyak juga cara yang lainnya untuk mencari keindahan.
Begitu pun dengan warga Jodipan, sebagai warga yang juga menikmati akan hasil dari kampungnya, seharusnya lebih memperhatikan serta perduli akan lingkungan sekitarnya. Tuhan telah meciptakan begitu banyak keindahan, kita sebagai manusia harus lebih bisa menikmati dan memanfaatkannya. Keindahan yang telah di hasilkan oleh manusia dapat kita rasakan dan kita perlu merawatnya supaya tidak menjadi pemukiman yang seperti dulu. Karna indah tidak harus orang lain yang membuat tapi diri kita sendiri harus membuat apa yang kita lihat itu menjadi indah.



http://fienda23.blogspot.com/2018/11/contoh-kasus-tentang-manusia-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar