Aplikasi
Administrator, dikenal juga dengan sebutan, Back-end, Panel Admin atau
Panel Kendali adalah, antarmuka dimana para administrator dan
petugas-petugas situs lainnya yang memiliki hak istimewa . Administrator
sebelumnya sudah dipersenjatai oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman
dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam hal supporting system,
mulai dari pelacakan masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan
troubleshooting masalah sotware. Bahkan dalam profesinya, administrator
juga memiliki sertifikasi untuk spesialisasi tertentu.
Beberapa tanggung jawab yang diemban oleh jabatan admin aplikasi antara lain :
1) Troubleshooting atau penanganan masalah
Ini
adalah pekerjaan wajib dari admin dalam mengatasi masalah di dalam
jaringan. Admin wajib menjaga jaringannya supaya dapat beraktivitas
secara normal tanpa adanya masalah. Masalah yang timbul umumnya berupa
masalah teknis seperti kerusakan pada komputer, gangguan pada koneksi
internet, kabel yang terputus dan lain sebagainya.
2) Update atau pemutakhiran
Tugas
ini umumnya berkaitan dengan perangkat lunak, namun tidak menutup
kemungkinan juga perangkat keras. Update sepertinya adalah hal yang
sepele namun memiliki dampak besar dalam jaringan tersebut. Update
perangkat lunak misalnya adalah update sistem operasi dan antivirus,
sedangkan update perangkat keras misalnya penggantian perangkat router
atau switch yang sesuai dengan tuntutan jaringan yang berkembang.
3) Mengatur cadangan data
Tugas
dari admin yang penting lainnya adalah tanggung jawabnya dalam membuat
salinan data sebagai cadangan dari data-data penting miliki suatu
jaringan dari perusahaan atau instansi tertentu. Backup ini berfungsi
sebagai cadangan data saat terjadi hal-hal yang diluar dugaan seperti
bencana alam, terhapus data secara tak sengaja atau kerusakan perangkat
keras penyimpanan data. Dengan backup data, maka admin dapat
menyelamatkan data penting perusahaan dan mengembalikannya seperti
semula pada saat tanggal terjadinya backup.
Contohnya :
Misalnya dalam menjalankan SOP eMonev bagi admin eMONEV pada Kota Surabaya, Kewenangan Admin eMonev antara lain adalah:
a. Membuka akses pengisian relialisasi (ouput maupun pentahapan output).
b. Melakukan monitoring pengisian relialisasi (ouput maupun pentahapan output).
c. Melakukan monitoring keterisian realisasi Output sub kegiatan maupun realisasi pentahapan output.
d. Melakukan sinkronisasi target sub kegiatan (ouput maupun pentahapan output) pada opsplan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar