Layanan terpopuler di era sekarang
adalah Internet Banking atau e-banking. Internet Banking
adalah kegiatan melakukan transaksi atau aktivitas perbankan melalui internet
dengan platform yang diberikan oleh masing-masing bank. Tujuan utama dari Internet
Banking ini untuk mempermudah nasabah melakukan aktivitas perbankan tanpa
harus menempuh cara tradisional, seperti mengunjungi kantor bank dan berurusan
dengan petugas bank. Layanan Internet Bankingakan selalu terkait dengan
rekening bank nasabah, sehingga setiap kegiatan perbankan akan terefleksi
secara langsung.
Dengan adanya layanan Internet
Banking, pola interaksi bank dan nasabah menjadi lebih fleksibel. Nasabah
dapat mengakses layanan Internet Banking selama terhubung dengan
internet untuk melakukan kegiatan perbankan kapanpun dan dimanapun.
Adapun jenis kegiatan perbankan yang
dapat dilakukan dengan Internet Banking termasuk:
- Transfer
Dana,
termasuk transfer antar rekening, transfer antar bank domestic,
daftar transfer terjadwal.
- Pembayaran, termasuk untuk tagihan
rekening telepon, internet rumah, kabel TV, kartu kredit, rekening
listrik, air, angsuran, asuransi, lain-lain.
- Pembelian, termasuk pulsa telepon, online
shopping dan saham.
- Informasi
Saldo Rekening, termasuk pengecekan saldo rekening seperti tabungan, GIRO atau deposito,
pengecekan mutasi rekening dan pengecekan transaksi kartu kredit.
- Informasi
Nilai Tukar,
termasuk kurs valuta asing dan investasi.
- Fasilitas
Layanan,
termasuk layanan Notifikasi SMS, informasi suku bunga.
Keuntungan dan manfaat Internet Banking
Internet Bankingterlihat hanya menguntungan bagi
nasabah saja, sedangkan bank harus terus berupaya menjamin keamanan dan
kualitas layanan platform. Sebenarnya penerapan dan penggunaan Internet
Banking dapat memberikan manfaat beragam untuk kedua belah pihak. Berikut
manfaat dan keuntungan Internet Banking untuk pihak bank:
Keuntungan Internet Banking bagi bank
–
Lebih hemat biaya. Internet Banking memberikan solusi penghematan
biaya operasional untuk bank. Dengan kata lain, penggunaan Internet Banking
lebih murah dibandingkan membuka kantor cabang atau membuat mesin ATM. Dengan Internet
Banking , bank juga dapat menghemat di biaya kertas dan telepon.
–
Perkembangan bisnis. Dahulu bank harus membuka kantor cabang atau ATM di daerah
tertentu untuk beroperasi, kini dengan adanya Internet Banking, bank
dapat menghilangkan batasan fisikal tersebut, sehingga bank dapat beroperasi
dimana pun nasabah bertransaksi.
–
Meningkatkan kesetiaan nasabah. Untuk nasabah yang perlu melakukan aktivitas perbankannya
di berbagai tempat, akan lebih memilih menggunakan Internet Banking. Ini
juga dapat membuka pintu peluang untuk nasabah baru yang fanatik akanInternet
Banking.
–
Keunggulan kompetitif. Dengan adanya fasilitas Internet Banking, sebuah
bank akan memiliki keuntungan kompetitif lebih dibandingkan bank yang tidak
memilikinya.
–
Peluang model bisnis baru. Internet Bankingakan membantu bank dalam penemuan
dan mempercepat peluncuran bisnis model baru.
Keuntungan Internet Banking bagi nasabah
–
Praktis dalam bertransaksi. Nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan cukup dengan
modal komputer pribadi dan internet saja tanpa harus mengunjungi cabang bank
yang terdekat dengan wilayahnya.
–Tidak
memliki batasan waktu. Nasabah dapat mengakses rekening 24 jam setiap harinya
untuk mengecek saldo atau melihat mutasi rekening, bahkan bertransaksi di luar
waktu operasi bank.
–
Cakupan global.
Dengan Internet Banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan
dari belahan dunia manapun selama memiliki akses internet.
–
Fitur layanan yang luas. Layanan yang ditawarkan dari Internet Banking
berbagai macam untuk nasabah.
–
Lebih ekonomis.
Nasabah tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi ke cabang bank dan
hampir semua fitur gratis.
–
Sistem perlindungan berlapis. Internet Banking memiliki sistem keamanan yang
berlapis dan menggunakan token PIN.
Layanan Mobile Banking (M-Banking)
Mobile Banking (M-banking) adalah sebuah sistem yang diciptakan
oleh bank untuk nasabah agar dapat melakukan sejumlah aktivitas perbankan
melalui ponsel/Smartphone. Penggunaan fasilitas Mobile Banking
membutuhkan nasabah untuk terkoneksi dengan internet di Smartphonenya.
Nasabah juga perlu mengunduh (download) terlebih dahulu aplikasi Mobile
Banking dari bank di app-storeSmartphone. Serupa dengan Internet
Banking, M-banking juga akan terkait dengan rekening nasabah untuk
melakukan transaksi perbankan.
Walaupun sepintas M-banking
kelihatan serupa dengan phone banking/SMS banking. Namun sebenarnya M-banking
memiliki fitur yang lebih luas daripada SMS banking. Fitur layanan dari M-banking
tidak jauh berbeda dengan Internet Banking, karena M-banking
sebenarnya bagian dari Internet Banking yang melalui Smartphone.
Fitur layanan M-banking
diantaranya adalah:
- Transfer dana antar rekening dan
antarbank
- Pembayaran
tagihan rekening telepon, air, listrik, internet, kabel TV, kartu kredit
dan lain-lain
- Pembelian
pulsa telepon atau transaksi online shopping
- Pengecekan
saldo rekening dan mutasi rekening untuk tabungan, deposito, kartu kredit
ataupun rekening lainnya
- Pengecekan
kurs dan suku bunga produk bank terkini
Keuntungan dan Kekurangan Mobile Banking
Berhubung
kemiripan layanannya dengan Internet Banking, manfaat dan keuntungan
yang dapat diperoleh oleh nasabah hampir sama. Dengan Mobile Banking,
nasabah dapat menikmat kemudahan dalam melakukan transaki perbankan secara
bebas tanpa batas ruang dan waktu. Layanan yang luas dan cakupan yang global
juga membuat Mobile Banking lebih ekonomis dibandingkan transaksi secara
konvensional (kunjungi bank langsung).
Namun perbedaan dari penggunaan Mobile Banking
terletak pada kemudahan mengaksesnya. Konektivitas Internet Banking
mungkin sedikit lebih susah karena harus tergantung pada Wi-Fi, sedangkan Mobile
Banking lebih mudah mendapatkan konektivitas karena layanan internet yang
sudah tersedia dari kartu SIM.
Mobile Banking juga memiliki sistem perlindungan untuk menjaga keamanan
transaksi nasabah. Untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah
maka SMS akan dikirimkan oleh bank untuk konfirmasi aktivitas perubahan pada
rekening nasabah, baik setoran atau transfer dana.
Kekurangan dari penggunaan Mobile Banking terletak
pada tingginya jumlah hacker dan virus yang beredar. Sering kali
penipuan terjadi dengan penerimaan SMS palsu dari hacker yang menyamar sebagai
institusi keuangan.
Kemudian hacker tersebut akan menciptakan sebuah scenario
palsu untuk meminta detail rekening bank nasabah. Kemudian hackerakan
menyerang akun Mobile Banking tersebut dan menguras rekening. Terkadang hacker
juga akan menggunakan virus untuk mencuri data akun Mobile Banking
Layanan Phone Banking / SMS Banking
Phone/SMS banking merupakan layanan dari bank untuk
melakukan transaksi perbankan melalui SMS. Walaupun terdengar ketinggalan zaman
dengan adanya perkembangan Internet Banking dan Mobile Banking,
SMS banking masih dapat bermanfaat untuk nasabah. Keunggulan utama dari SMS
banking adalah jika Anda berada di daerah yang tidak memiliki jangkauan
internet sama sekali untuk Smartphone, maka SMS banking merupakan
solusinya.
SMS banking juga memiliki proses
yang lebih praktis dibandingkan Internet Banking dan Mobile Banking.
Hal ini dikarenakan sedikitnya tahapan yang perlu dilakukan untuk melakukan
satu transaksi.Aktivitas perbankan yang dapat dilakukan dengan SMS banking
cukup terbatas diantaranya termasuk cek saldo, mutasi rekening, informasi kurs,
pembayaran tagihan dan pembelian pulsa.
Layanan pengiriman uang/Money Transfer
Jasa ini merupakan layanan dari bank
untuk pengiriman dan penerimaan uang baik antar rekening, antar bank ataupun
valuta asing antar negara. Seperti yang diketahui pengiriman uang antar
rekening atau antar bank umumnya akan memerlukan rekening dari kedua belah
pihak.
Akan tetapi jika tidak memiliki
rekening, nasabah masih juga dapat melakukan pengiriman atau penerimaan uang.
Terumata untuk transfer uang valuta asing antar negara, sebagian bank
menawarkan layanan pencairan tunai dari uang yang diterima nasabah dengan
sejumlah biaya transfer. Begitu juga sebaliknya.
Layanan pembayaran tagihan
Pembayaran tagihan tidak perlu ribet lagi dengan adanya
layanan dari bank. Baik tagihan listrik (PLN), telepon (Telkom), pajak, telepon
seluler (Telkomsel, Satelindo dll), internet dan tagihan lainnya dari cabang
sendiri, semuanya dapat dibayar melalui bank.
Nasabah dapat memilih pembayaran tunai atau non tunai untuk
tagihannya. Untuk non tunai, nasabah dapat menggunakan overbooking, standing
instruction, warkat bank, direct debit dan ATM.
Layanan inkaso
Inkaso adalah layanan dari bank dimana nasabah memberikan
kuasa kepada bank untuk penagihan pembayaran atas surat atau dokumen berharga
kepada pihak ketiga. Contoh
surat atau dokumen berharga tersebut adalah wesel, cek, bilyet giro, kuitansi,
kupon dan dividen, promissory notes, hadian undian, nota tagihan
lainnya. Keuntungan dari inkaso adalah kemudahan penagihan pembayaran atas
warkat-warkat dengan biaya yang kompetitif.
Layanan Giro
Giro merupakan surat perintah yang
dikeluarkan oleh pembayar atau nasabah kepada banknya untuk melakukan proses
pemindahbukuan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima pembayaran.
Jadi giro boleh dikatakan kebalikan dari sistem cek dimana cek memiliki
kemungkinan terpental bila sang pembayar tidak memiliki jumlah uang yang cukup
di rekeningnya. Sedangkan Giro tidak dapat terpental.
Layanan Investasi dan Asuransi
Dalam layanannya bank juga
menawarkan investasi dan asuransi. Walaupun cakupannya tidak begitu luas,
beberapa contoh investasi yang umumnya disediakan oleh bank adalah reksa dana,
obligasi, sukuk, dan saham. Sedangkan untuk asuransi berupa asuransi jiwa.
Biaya jasa dan layanan bank
Dari setiap jasa dan layanan yang
ditawarkan oleh bank, nasabah akan ditagihkan sejumlah biaya untuk pemanfaatan
layanan tersebut. Biaya ini akan berbeda-beda dari masing-masing bank. Jadi
untuk detail lengkap dari biaya masing-masing layanan dapat diperiksa dari
situs bank atau petugas bank sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar