Selasa, 24 Desember 2019

3.1 Bentuk dan Type Sistem Pakar


Definisi Sistem Pakar (Expert System)

Merupakan paket perangkat lunak/paket program komputer yang ditujukan sebagai penyedia nasehat dan sarana bantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti sains, perekayasaan, matematika, kedokteran, pendidikan, dan sebagainya.
adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat  menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli.
Bagi para ahli, sistem pakar ini juga akan membantu aktivitasnya sebagai assisten yang sangat berpengalaman. Seorang pakar adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang tertentu, yaitu pakar yang mempunyai knowledge atau kemampuan khusus yang orang lain tidak mengetahui atau mampu dalam bidang yang dimilikinya.

Bentuk Sistem Pakar
Bentuk pengetahuan dalam suatu area kepakaran tertentu dapat dikategorikan sebagai berikut (Firebaugh, 1989):
1.     Objek : bentuk ini meliputi sifat-sifat objek secara fisis yang dapat diperoleh dari pernyataan sederhana, aturan IF-THEN, dan daftar atribut dari objek tersebut.
2.    Kejadian : bentuk ini meliputi aksi dan kejadian. Kejadian secara umum menentukan suatu elemen waktu dan dapat menunjukkan sebab akibat.
3.    Performance : bentuk ini meliputi informasi tentang bagaimana melakukan pekerjaan tertentu
4.    Meta-Pengetahuan : pengetahuan yang dimiliki sistem tentang pengetahuan internalnya (Rolston, 1988)

Tipe-tipe Sistem Pakar
Ada 3 tipe sistem pakar, yaitu :
1.     Berdiri Sendiri;
Sistem pakar murni dan berdiri sendiri, artinya program utama tanpa mengandung subrutin yang memakai teknik algoritma konvensional.
2.    Tergabung;
Sistem pakar yang dikelilingi program lainnya, artinya sebuah subrutin yang akan dipanggil oleh program utama, program utama ini yang memakai algoritma konvensional.
Bentuk lain dari sistem pakar tergabung adalah sistem pakar yang mengandung program lain, artinya program sistem pakar memiliki sebuah subrutin, misalnya untuk perhitungan matematik, untuk pembuatan grafik, dan keperluan lainnya, subrutin ini memakai algoritma konvensional.
3.    Menghubungkan ke Software Lain.
Program sistem pakar dapat berhubungan dengan/mengakses paket program lainnya, misalnya paket program spreadsheet, DBMS atau program pembuat grafik.


Sumber :
https://slideplayer.info/slide/11905297/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar