Sabtu, 11 Januari 2020

4.3 Kelebihan dan Kekurangan Transportasi Online di Indonesia



Pada saat ini sebagian masyarakat tidak bisa terlepas dari smartphone mulai anak-anak hingga orang tua. Hampir semua jenis kegiatan sekarang dapat dipermudah dengan adanya sistim digital yang terhubung dengan koneksi internet seperti kegiatan social dan perekonomian.  Seperti yang kita ketahui, saat ini telah marak sistem transportasi online yang menggunakan aplikasi di smartphone. Namun, apa sih kelebihan dan kekurangan dari transportasi online.

Kelebihan

Efektif dan efisien
Dalam pemesan sangat mudah dan menghemat waktu. Kalau kita lihat, ojek/taksi pengkolan konsumen harus mencari pangkalan ojek/taksi terlebih dahulu, sedangkan apabila menggunakan aplikasi kita hanya memesan melalui hp dan tidak lama ojek/taksi akan dating menghampiri.

Transparan Harga
Dari harga transporsi online dapat kita ketahui terlebih dahulu di aplikasi sehingga kita tidak perlu menawar atau melihat argo secara terus menerus. Hal ini memberikan rasa tenang terhadap penumpang.

Menciptakan lapangan kerja
Transportasi online telah cukup banyak menyeraap tenaga kerja, mulai dari mahasiswa, pengangguran, hingga ibu rumah tangga.

Pendapatan driver banyak
Dari sisi kesejahteraan driver, pendapatan dari transportasi online lebih banyak daripada gaji pns/karyawan per-bulan. Biasanya driver mendapat penghasilan hingga 9juta rupiah per-bulan karena bagi hasil antara driver dengan perusahaan transportasi online 80%-20%.

Kekurangan

Tidak dipungut pajak
Perusahaan transportasi online belum dapat badan hukum karena masih belum ada regulasi Negara sehingga belum bisa dikenakan pajak secara penuh.

Privasi
Nomor handphonae yang diberikan kepada driver tidak sedikit disalahgunakan oleh driver sehingga menggagu privasi penumpang.

Tidak bisa pindah tujuan
Karena penentuan tujuan melalui aplikasi dan tidak bisa dirubah ketika penumpang sudah naik ojek/taksi online, sahingga apabila pindah tujuan penumpang bisa dikenakan ongkos dobel.

Jadi, setiap perubahan pasti ada kelebihan ataupun kekurangan sehingga masyarakat harus menggunakan sistem ini secara bijak dan tetap berhati-hati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar