Secara umum, sistem pakar adalah sistem yang berusaha
mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan
kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem
pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar
mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh
dengan bantuan para ahli di bidangnya. Sistem pakar ini juga akan dapat
membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai
asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Dalam
penyusunannya, sistem pakar mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan
(inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu
atau lebih pakar dalam bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut
disimpan dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan
keputusan untuk penyelesaian masalah tertentu.
Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
Definisi Kecerdasan Buatan, menurut :
H. A. Simon [1987] : “ Kecerdasan buatan (artificial
intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait
dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan
manusia adalah- cerdas”
Rich and Knight [1991]: “Kecerdasan Buatan (AI) merupakan
sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada
saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”
Encyclopedia Britannica: “Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”
AI dapat dipandang dalam berbagai perspektif.
Dari perspektif Kecerdasan (Intelligence) AI adalah
bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang
sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia
Dari perspektif bisnis, AI adalah sekelompok alat bantu
(tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut
guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
Dari perspektif pemrograman (Programming), AI termasuk
didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses
pencarian (search).
a. Umumnya program AI lebih fokus pada
simbol-simbol daripada pemrosesan numerik (huruf, kata, angka untuk
merepresentasikan obyek, proses dan hubungannya).
b. Pemecahan masalah -> pencapaian
tujuan
c. Search -> jarang mengarah langsung ke
solusi. Proses search menggunakan beberapa teknik.
Konsep dan Definisi dalam Kecerdasan Buatan
TURING TEST – Metode Pengujian Kecerdasan
Turing Test merupakan sebuah metode pengujian kecerdasan
yang dibuat oleh Alan Turing.
Proses uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) dan dua
obyek yang ditanyai. Yang satu adalah seorang manusia dan satunya adalah sebuah
mesin yang akan diuji.
Penanya tidak bisa melihat langsung kepada obyek yg ditanyai.
Penanya diminta untuk membedakan mana jawaban komputer dan
mana jawaban manusia berdasarkan jawaban kedua obyek tersebut.
Jika penanya tidak dapat membedakan mana jawaban mesin dan
mana jawaban manusia maka Turing berpendapat bahwa mesin yang diuji tersebut
dapat diasumsikan CERDAS.
Pemrosesan Simbolik
Komputer semula didisain untuk memproses
bilangan/angka-angka (pemrosesan numerik). Sementara manusia dalam berpikir dan
menyelesaikan masalah lebih bersifat simbolik, tidak didasarkan kepada sejumlah
rumus atau melakukan komputasi matematis. Sifat penting dari AI adalah bahwa AI
merupakan bagian dari ilmu komputer yang melakukan proses secara simbolik dan
non-algoritmik dalam penyelesaian masalah.
Heuristic
Istilah Heuristic diambil dari bahasa Yunani yang berarti menemukan. Heuristic merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian (search) ruang problema secara selektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan disepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar.
Istilah Heuristic diambil dari bahasa Yunani yang berarti menemukan. Heuristic merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian (search) ruang problema secara selektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan disepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar.
Penarikan Kesimpulan (Inferencing)
AI mecoba membuat mesin memiliki kemampuan berpikir atau
mempertimbangkan (reasoning). Kemampuan berpikir (reasoning) termasuk
didalamnya proses penarikan. kesimpulan (inferencing) berdasarkan fakta-fakta
dan aturan dengan menggunakan metode heuristik atau metode pencarian lainnya.
Pencocokan Pola (Pattern Matching)
AI bekerja dengan metode pencocokan pola (pattern matching)
yang berusaha untuk menjelaskan obyek, kejadian (events) atau proses, dalam
hubungan logik atau komputasional.
Persamaan dan Perbedaan antar System Pakar dengan Kecerdasan Buatan
Persamaannya adalah sama-sama mempunyai tujuan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam suatu penyelesaian masalah. sedangkan perbedaannya:
Persamaan dan Perbedaan antar System Pakar dengan Kecerdasan Buatan
Persamaannya adalah sama-sama mempunyai tujuan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam suatu penyelesaian masalah. sedangkan perbedaannya:
Kalau system pakar mengacu kapada si perancang itu sendiri
sebagai object dalam menyiapkan suatu system guna mendapatkan hasil yang
maksimal. Sedangkan Kecerdasan buatan mengacu kepada jalur atau langkah yang
sebagian besar berorientasi kepada Hardware guna mencapai hasil yang maksimal.
Sumber :
http://muhtarul12.blogspot.com/2010/02/sistem-pakar-dan-kecerdasan-buatan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar