Manajemen
Layanan Sistem Informasi
Pengertian
Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah manajemen
melakukan atau melaksanakan pelayanan dalam suatu sistem di dalam suatu
organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung
operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan
menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
ITSM adalah proses-terfokus dan dalam pengertian ini
memiliki hubungan dan kepentingan bersama dengan gerakan perbaikan proses
(misalnya, TQM, Six Sigma, manajemen bisnis proses, CMMI) kerangka kerja dan
metodologi dalam sebuah organisasi. Disiplin tidak memperhatikan tentang
bagaimana menggunakan produk vendor tertentu, atau rincian teknis dari sistem
di bawah manajemen. Sebaliknya, ITSM berfokus pada pemberian kerangka kerja
untuk struktur TI yang terkait kegiatan dan interaksi tenaga teknis TI dengan
penggunanya.
ITSM umumnya berkaitan dengan “back office” atau
masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang-kadang dikenal
sebagai arsitektur operasi), dan tidak berurusan dengan perkembangan teknologi.
Sebagai contoh, proses menulis perangkat lunak komputer untuk dijual, atau
merancang sebuah mikroprosesor tidak akan menjadi fokus disiplin, namun yang
menjadi perhatiannya adalah sistem komputer yang digunakan oleh pemasaran dan
staf pengembangan bisnis di perusahaan baik berupa perangkat lunak dan atau
perangkat kerasnya. Banyak perusahaan non-teknologi, seperti di industri
keuangan, ritel, dan perjalanan, memiliki sistem teknologi informasi yang
signifikan yang tidak mengenai kebutuhan pelanggannya.
Dalam hal ini, ITSM dapat dianggap atau dianalogikan
sebagai perencanaan sumber daya perusahaan/Enterprise Resource Planning(ERP)
untuk IT – meskipun akar sejarah dalam operasi TI membatasi penerapannya di
seluruh kegiatan besar TI lainnya, seperti IT manajemen portofolio dan rekayasa
perangkat lunak
Contoh :
Aplikasi M-banking BCA
Aplikasi E-commerce
Aplikasi Transportasi Umum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar