Sabtu, 21 Maret 2020

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Kesusastraan



A.   Pengertian Ilmu Budaya Dasar

       Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar dan pengertian tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris The Humanities. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin Humanus yang bisa diartikan manusiawi, berbudaya dan halus (refined). Dengan mempelajari The Humanities diandaikan seseorang akan bisa mcnjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.
     Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani. 




B.   Pengertian Sastra

       Sastra berasal dari kata castra berarti tulisan. Sastra meliputi segala bentuk dan macam tulisan yang ditulis oleh manusia, seperti catatan ilmu pengetahuan, kitab suci, surat, dan sebagainya. Sastra dalam konteks kebudayaan adalah ekspresi gagasan dan perasaan manusia. Pengertian sastra sebagai hasil budaya dapat diartikan sebagai bentuk upaya manusia untuk mengungkapkan gagasannya melalui Bahasa yang lahir dari perasaan dan pemikirannya. Dalam konteks kesenian, kesusastraan adalah salah satu bentuk atau cabang kesenian yang menggunakan media Bahasa sebagai alat pengungkapan gagasan dan perasaan senimannya.



C.   Hubungan antara Ilmu Budaya Dasar dan Kesusastraan

      Hubungan antara Ilmu Budaya Dasar dan Kesusastraan adalah sama-sama memiliki objek yang sama yaitu manusia. Keduanya mempelajari hubungan antar manusia melalui suatu komunikasi yang beraneka ragam macamnya. dan bayangkan jika manusia hidup tanpa seni. Jika manusia hidup tanpa seni mereka tidak bisa menyalurkan ekspresi mereka atau tidak bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya, maka akan menggangu kejiwaan atau psikologis manusia tersebut.

    Masalah sastra dan seni sangat erat hubungannya dengan ilmu budaya dasar, karena materi - materi yang diulas oleh ilmu budaya dasar ada yang berkaitan dengan sastra dan seni.Budaya Indonesia sanagat menunjukkan adanya sastra dan seni didalamnya.

 

D.   Contoh Hubungan antara Ilmu Budaya Dasar dan Kesusastraan

Sebagai contoh dalam kehidupan sehari hari, misalnya seni musik tradisional. Karena seni musik tradisional sangat berkaitan dengan budaya dan sastra. saya pasti suka lagu tradisional adat jawa.

     Seni Musik Tradisional adalah salah satu macam dari seni musik yang secara turun temurun dan melekat sebagai sarana hiburan di kalangan masyarakat tertentu. Ketika berbicara tentang seni musik tradisional maka kita tidak hanya berbicara tentang musik tradisional Indonesia, karena setiap daerah di suatu negara memiliki ciri khas atau musik tradisional masing-masing yang berkembang karena pengaruh kehidupan di masa lalu atau lain sebagainya.
 


http://rizkyananda-gundar.blogspot.com/2017/04/ilmu-budaya-dasar-dalam-kesusastraan.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar