Rabu, 04 Oktober 2017

Etika Komputer di Internet

ETIKA KOMPUTER DI INTERNET





Sebelum saya membahas tentang etika komputer dan etika dalam berinternet saya akan menjelaskan pengertian etika secara umum.
                Etika adalah sekumpulan aturan yang memuat hak dan kewajiban moral yang memberikan arahan, acuan dan pijakan kepada tindakan manusia dimasyarakat untuk membentuk masyarakat yang berakhlak baik. Aturan aturan ini biasanya ada yang tertulis dan ada yang tidak tertulis.
Jadi dari penjelasan itu dapat digambarkan bahwa Etika komputer adalah seperangkat aturan yang ditunjukan kepada semua pengguna komputer untuk mengatur penggunaannya guna menciptakan kondisi yang nyaman dengan sesama pengguna computer dalam menggunakan komputer.
Seperti contohnya :

               1.Jangan menduplikasi atau menggunakan software tanpa membayar.
               2.Jangan menggunakan sumberdaya komputer orang lain tanpa sepengetahuan                      yang bersangkutan.
               3.Dan Jangan menggunakan komputer untuk merugikan orang lain.


                  Dengan semakin majunya perkembangan komputer saat ini membuat kita sebagai pengguna komputer dapat berinteraksi dengan sesame pengguna lainnya diseluruh dunia dengan menggunakan internet. Pemakai internet telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun belakangan ini. Jumlah paket data yang mengalir lewat internet, telah mengalami peningkatan yang dramatis.  Dari waktu kewaktu penggunaan komputer dan internet terus meningkat saat ini di perkirakan sudah 150 juta orang diseluruh dunia yang menggunakan fasilitas internet dan diperkirakan pertumbuhan internet mencapai 10 % per bulan. Tujuan dan perilakunya pun memang berbeda. Umumnya orang dewasa menggunakan internet sebagai bagian dari pekerjaan dan untuk mendapatkan informasi, sedangkan anak-anak mengakses internet untuk kebutuhan hiburan seperti game, music, dll. Dengan banyaknya pengguna internet ini maka dapat dipastikan selalu ada sisi positif dan negatifnya. Maka dari itu kita harus belajar bagaimana untuk mempunyai etika yang baik dalam berinternet. Tapi apa itu etika internet ?

Etika internet adalah seperangkat aturan yang ditunjukan kepada semua pengguna internet untuk mengatur penggunaannya guna menciptakan kondisi yang nyaman dengan sesama pengguna internet dalam penggunaannya. Beberapa contoh etika dalam berinternet :

1.Gunakan internet untuk keperluan yang bersifat positive.

2.Jangan terlalu banyak mengutip atau memplagiat karya orang lain.

3.Hati-hati dalam penggunaan huruf capital dalam membuat konten atau berkomentar di internet dll.

Dalam penggunaannya internet saat ini Internet sangat berkaitan dengan media sosial, didukung dengan semakin banyaknya penyedia layanan media sosial diinternet saat ini, baik yang berbasis web atau mobile dan penggunanya yang sangat banyak membuat Penggunaan sosial media banyak yang menyimpang. Berdasarkan berita-berita di media nasional kita begitu banyak kejahatan-kejahatan yang berawal dari sosial media, baik itu penipuan, penculikan, saling perang argumen berujung dipenjara pun sudah ada kejadian, hingga etika bersopan santun kini tak ada lagi nilai dalam melakukan komunikasi online dalam sosial media. Sama halnya dengan komputer dan internet dalam bersosial-media ada baiknya kita mengenal bagaimana Etika dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan sosial media yang sehat. Diantarnya :

1. Jangan mengumbar informasi pribadi anda.

2. Etika dalam berkomunikasi.

3. Jangan jadi plagiat.

4. Jangan mudah percaya berita berita yang belum pasti kebenarannya.

5. Jangan mengganggu kenyamanan sesame pengguna internet (seperti melakukan spam      chat atau membagikan konten konten yang bersifat sara atau pornografi).

6. Jangan membuat akun palsu untuk keperluan yang tidak baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar