Sabtu, 09 November 2019

2.2 APLIKASI ROBOTIKA DAN SISTEM SENSOR


Robotica adalah salah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan beberapa aspek, antara lain desain, operasi, pembuatan, dan aplikasi robot. sedangkan sistem sensor adalah sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan fisik atau kimia.
Pada zaman yang modern dimana semua mulai di komputerisasi dan otomatisasi dimana pekerjaan manusia mulai digantikan oleh robot itu sendiri karena berbagai alasan,mulai dari segi efisiensi dan efektifitas robot lebih unggul daripada manusia yang di pekerjakan, namun tidak semua benda atau segala sesuatunya dapat menggantikan posisi manusia.
Disini lah peran kecerdasan buatan pada bidang robotika yang pastinya dikerjakan oleh manusia atau yang biasa kita sebut programmer ,dimana sang programmer memprogram robot sebaik mungkin agar dapat mengerjakan pekerjaan manusia dengan lebih baik dan lebih efisien agar dapat memaksimalkan laba bagi suatu perusahaan yang ingin menggunakan robot sebagai bagian memproduksi barang nya.
Robot dapat melakukan pekerjaan dengan persentase melakukan kesalahan jauh lebih kecil dibanding manusia karena robot sudah di program sedemikian rupa agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin saja dapat di lakukan oleh manusia itu sendiri.
Sebagai contoh dibawah ini adalah gambar robot di bagian bisnis yang menggantikan keberadaan manusia: 
   Vending Machine 



Vending machine ditemukan oleh Heron dari Alexandria pada abad pertama, namun vending machine pertama kali di perkenalkan pada tahun 1880-an di London, Inggris. Keberadaan vending machine itu sendiri menggantikan para manusia yang bisa saja berjualan produk tertentu, namun dengan adanya vending machine yang sudah di program produk yang dijual bisa buka 24jam (dengan catatan harus ada listrik). Tidak memerlukan manusia untuk menjaganya dan hasil penjualan tidak bisa dicurangi karena robot sudah di program sedemikian rupa agar hasil penjualan tercatat data transaksinya dengan lengkap, berapa jumlah transaksinya, kapan transaksi itu terjadi, total penjualan, dan lain sebagainya dalam data yang valid dan tidak dapat disabotase (terkecuali ada pihak ketiga yang memiliki tujuan tidak baik).
Sistem sensor adalah salah satu bidang yang bisa juga di gabungkan dengan robot dan tentu saja dapat berjalan karena adanya kecerdasan buatan yang dibuat oleh programmer. Penggunaan nya adalah untuk suatu antisipasi keadaan yang dapat membahayakan manusia pada saat manusia itu sendiri tidak bisa menyadari nya. 
Sistem Parkir Mobil 
   





    Sebagai contoh adalah sistem sensor parkir pada mobil dimana manusia tidak bisa melihat keadaan dimana bumper belakang mobil dengan benda yang ada di dekat bumper pada saat memundurkan mobil, disini sistem sensor parkir yang sudah di program digunakan untuk membantu manusia pada keadaan blind spot agar mobil tidak bersentuhan dengan benda yang ada di sekitar bumper mobil tersebut.


Sumber :
http://haznanr.blogspot.com/2017/10/robotika-sistem-sensor-sebagai-salah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar