Sabtu, 09 November 2019

2.4 SMARTPHONE DALAM PENERAPAN INOVASI SI

Dari waktu ke waktu, telepon seluler mengalami perkembangan yang begitu dahsyat. Dari cuma menelepon, kemudian pesan singkat, berlanjut ke kamera dalam ponsel, hingga generasi aplikasi Android atau iOS seperti sekarang.
Lalu bagaimana dengan inovasi-inovasi yang mungkin akan terjadi di masa depan?

1. Asisten Virtual
Asisten virtual berfungsi memudahkan berbagai pekerjaan-pekerjaan yang kita miliki, misal dalam hal informasi. Sebagi contoh, apabila kita sedang berada ditempat yang baru kita kunjungi, kita tidak tahu sama sekali tempat tersebut.
Kemudian dengan alat Asisten Virtual, kita merekam suara atau gambar lingkungan tempat tersebut untuk dianalisis. Secara otomatis alat tersebut akan memberikan informasi lengkap mengenai tempat tersebut kepada kita.
Saat ini, perangkat smartphone telah memiliki kemampuan yang mirip Asisten Virtual. Sebagai contoh, smartphone kini sudah dapat mengenali input berupa suara, seperti teknologi Siri milik Apple, Google Now, Cornata, dll.

2. Augmented Reality


Augmented Reality (AR) menggabungkan data komputer dengan apa yang kita lihat dalam kehidupan nyata. Dengan menggunakan kamera di smartphone, kita bisa mengarahkannya ke suatu tempat untuk mendapatkan overlay informasi seperti kafe terdekat atau tempat makan, misalnya. Atau contoh yang sudah ada, permainan Pokemon Go! yang sempat booming itu.

3. Layar Fleksibel



Saat ini terdapat teknologi Light-Emitting Diode atau disingkat OLED. Teknologi ini memungkinkan kita melihat layar dari dua sisi. Ibarat layar transparan, kita dapat menyajikan gambar atau video pada teman kita dari sisi belakang sementara sisi lainnya kita gunakan untuk hal lainnya.
Dengan hadirnya fitur ini, smartphone kita akan dipermudah dalam hal mobilitas. Bahkan, bentuk smartphone kita dapat menyesuaikan saku celana kita.

4. Proyektor Built-In







Dengan teknologi projektor ini, kita dapat menyaksikan layar sebesar 50 inch hanya dengan menggunakan smartphone. Kita tidak perlu memenggunakan layar besar yang merepotkan untuk nonton bareng layar dengan layar HD bersama teman-teman. Kita dapat menciptakan bioskop sendiri. Lebih dari itu, kita dapat membuat arena bermain game yang asyik. Bahkan saat kita sedang bepergian.

5. Seamless Voice Control



Pengendali suara ini dapat mengendalikan perangkat hanya dengan suara, tanpa menyentuhnya. Banyak pengembangan yang telah dilakuakan dalam teknologi ini. Lebih lanjut, teknologi ini dapat mendeteksi apakah suara yang masuk adalah suara pemiliknya atau bukan. Tingkat keamanannya pun akan lebih terjaga dengan baik.

6. 3D Screens & Holograms




Perusahaan-perusahaan besar sekarang mulai beralih dari era layar 2D menuju layar 3D. Saat ini terdapat 2 produk terpopuler yang menggunakan teknologi ini, yaitu LG Optimis 3D dan Motorola MT810. Langkah besar yang dapat kita hadirkan selanjutnya adalah teknologi Proyeksi Hologram. Pada intinya, teknologi ini adalah perkembangan dari teknologi projektor yang menggunakan dasar 3D.


Sumber :
https://www.hongkiat.com/blog/future-smartphone-features/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar